Dongeng Anak-anak : Kancil Mengelabui Serigala dengan Kecerdikannya (Kolam Sakti)

No Comments

Kancil Mengelabui Serigala dengan Kecerdikannya (Kolam Sakti)

 

Kancil Mengelabui Serigala dengan Kecerdikannya
Kancil Mengelabui Serigala dengan Kecerdikannya

Salam hangat untuk Sahabat kecil mococerpen yang suka banget membaca dongeng. Kali ini mococerpen akan berbagi artikel dongeng untuk sahabat kecil untuk menemani tidur malam ini. Kali ini dongeng yang akan kami publikasikan merupakan dongeng fiksi belakang yang bertujuan untuk menghibur sahabat. Semoga terhibur dan selamat membaca.

*****


Senja pagi mulai datang, berisiknya bunyi kokokan ayam mulai terdengar disebuah hutan. Seperti hari-hari biasanya para penghuni hutan mulai melakukan aktivitasnya, ada yang mencari makan, ada yang pergi kesungai untuk membersihkan diri dan ada juga yang hanya sekedar untuk berjalan-jalan menikmati kesejukan udara dipagi hari. Tidak terkecuali seekor Kacil, seperti biasanya yang ia lakukan setiap pagi. Ia selalu menikmati setiap pagi dengan berjalan-jalan dipinggir hutan menikmati udara yang sangat segar dan juga untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yaitu mencari timun kesukaannya yang tumbuh subur dihutan tersebut.

Tidak lama kemudian, setelah Kancil berjalan beberapa ratus meter. Ia melihat sebuah timun berukuran besar yang masih terlihat segar sekali. “ Sungguh beruntung sekali aku hari ini, mendapatkan timun yang sangat besar,” kata kancil berbicara dengan dirinya sendiri. Tidak menunggu lama, Kancil tanpa pikir panjang langsung memakan dengan lahap timun temuannya yang sangat besar tersebut. Karena memang Kacil sangat lapar sekali.


Ketika kancil sedang asyik melahap timun hasil temuannya tersebut, tiba-tiba terdengar suara menggeram dari belakang pohon beringin yang letaknya tepat didepannya. Dalam pikir si Kancil “Ini pasti suara Serigala buas yang sedang mencari makan disini.” Saat kancil hendak meninggalkan tempat tersebut untuk menjauh dari Serigala, tiba-tiba Serigala sudap ada dihadapannya dan siap untuk menerkam si Kancil.

Pucuk dicinta ulampun tiba. “Dalam benak si Serigala”. Ada makanan empuk nih, kebetulan sekali aku sedang lapar banget. Cocok banget kalau tubuhmu aku jadikan sarapan pagi,kacil. Ucapkan doa terakhirmu sebelum kamu aku makan habis. “Kata Serigala dengan percaya dirinya.” 

Tunggu dulu Serigala. Jika kamu memakan aku sekarang, kamu akan kehilangan sebuah rahasia besar mengenai sebuah Kolam Pemandian Sakti. Kolam tersebut memiliki kesaktian jika ada yang mandi diKolam Pemandian Sakti tersebut, maka setiap hewan akan terpesona melihat ketampananmu dan pasti akan tergila-gila melihatmu. “Kata Kancil dengan berharap supaya Serigala mempercayainya.”

Jika apa yang kamu kataan itu benar, maka aku akan menjadi hewan tertampan dihutan ini. “Jawab Serigala.” Lalu dimana letak Kolam itu???. Kemudian dengan rasa yakin, Kancil menjawab. “Letak Kolam Pemandian Sakti tersebut berada di rumah petani yang ada dibawah bukit didekat pohon kelapa.” Dimana aku harus mencari rumah petani itu??? 

“Sahut Serigala lagi”. Aku akan mengantarkanmu sampai kerumah petani itu, tapi dengan persyaratan kamu jangan memakan aku dulu.”Pinta si Kancil.” Ok, aku akan memenuhi persyaratanmu untuk tidak memakanmu. 

kemudian merekapun bergegas menuju kerumah petani itu. Ia menuju sebuah bukit yang dibawahnya terdapat sebuah Kolam yang airnya berwarna kekuningan karena terrkena sinar lembayung dari matahari. Itu Kolam Saktinya, kamu harus berlari menuruni bukit ini kearah Kolam yang ada dibawah sambil memejamkan mata “Kata Kancil.”
Karena Serigala sudah tidak sabar lagi menjadi orang tertampan dihutan tersebut. Maka tanpa berpikir panjang Serigala langsung menutup mata dan berlari kearah tersebut, dan byur..byur..byur Serigala menceburkan dirinya kedalam kolam tersebut. Tapi apa yang terjadi, ternyata Serigala perutnya merasa mual-mual dan lemas ketika berada didalam kolam tersebut. Karena ternyata kolam tersebut merupakan tempat pembuangan limbah WC petani. Sambil berlari keluar Serigala mengumpat. “Awas kamu Kancil, kalau aku menemukanmu lagi akan kumakan hingga tak tersisa bagian tubuhnya.”kata Serigala dengan perasaan sangat marah.”

Ternyata si kancil hanya mengarang sebuah cerita tentang Kolam Pemandian Sakti hanya untuk bisa melarikan diri dari Serigala. Sungguh luar biasa kecerdikan Kancil dalam menipu setiap musuh-musuhnya. Semoga kita bisa meniru kecerdikan Kancil untuk kegiatan yang positif. Dan semoga artikel Kancil Mengelabiu Serigala dengan Kecerdikannya (Kolam Sakti) dapat menghibur sahabat mococerpen terutama sahabat kecil mococerpen yang sangat menyukai  dongeng. Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca artikel ini.


--------------------*****--------------------








Jangan lupa sukai fanspage Facebook Moco Cerpen dan follow twitter @MC_MocoCerpen ya Sahabat.
Bagikan Artikel :