Cerita Inspiratif Relegi : 2 Sikap Perempuan yang akan Menjadikannya Sebagai Perempuan Istimewa dimata Allah SWT

No Comments

2 Sikap Perempuan yang akan Menjadikannya Sebagai Perempuan Istimewa dimata Allah SWT

Penulis : Abdul Rouf

2 Sikap Perempuan yang akan Menjadikannya Sebagai Perempuan Istimewa dimata Allah SWT
2 Sikap Perempuan Istimewa dimata Allah SWT

Ketika telinga kita mendengar kata perempuan atau wanita, maka dibenak kita adalah sosok sesorang yang rela menaruhakan nyawanya bahkan kebahagiaannya untuk melahirkan kita kedunia. Yap benar, sosok seorang ibu, yang memiliki jasa sangat besar bahkan tidak akan bisa kita gantikan dengan apapun yang ada didunia ini. Kali ini mococerpen akan memberikan sedikit artikel mengenai sikap yang akan menjadikan perempuan menjadi Istimewa.

*****

Tidak terhitung jumlah perempuan dibumi ini yang memiliki kecerdasan, hebat, tangguh, dan kuat. Namun dimata masyarakat tidak memiliki suatu keistimewaan dalam hidupnya, terlebih lagi dihadapan sang Pencipata Allah SWT. Perempuan yang Istimewa merupakan perempuan yang dianggap sempurna dimata Allah SWT bukan dimata sesama manusia, karena perempuan tersebut memiliki akhlak yang mulia, taat kepada sang pencipta, mudah menghargai orang lain dan  selalu ingin memperbaiki kesalahan yang telah diperbuatnya sekecil apapun itu.

Seorang Ibu yang Istimewa akan selalu memahami bagaimana menjadikan anaknya sehat secara fisik dan mental. Ia tahu pentingnya pendidikan bagi anaknya. Dia memikirkan masa depan anaknya agar menjadi manusia berilmu dan berakhlak mulia. Ia cerdas dengan wawasannya yang luas sehingga mampu memberikan solusi terbaik bila ada masalah dalam keluarga. Dia juga mampu memberikan kenyamanan dalam keluarga. Ia berakhlak mulia sehingga dapat menjadi teladan bagi anak-anaknya serta sahabat setia bagi suaminya.

Perempuan yang Istimewa memiliki keberanian untuk menyelesaikan permasalahannya tanpa mengeluh, melainkan akan terus berdiri ketika jatuh dalam menghadapinya. Ia memiliki sikap mental positif dengan cara berserah diri kepada Tuhan yaitu mampu berdoa dan percaya kepada Tuhan bahwa tuhan akan selalu memberikan energi rohani maupun jasmani kepadanya dalam menghadapi permasalahanya. Perempuan yang Istimewa adalah mereka menggambarkan kekuatannya melalui kegiatan kehidupannya yaitu selalu memaakan kesalahan sebesar apapun yang telah dilakukan orang lain kepadanya, bersabar ketika mendapat tekanan maupun cobaan, akan memperlihatkan senyum indahnya setiap saat walaupun dalam keadaan menangis hatinya, dan saat dihina ia hanya bisa terdiam menerimanya dengan lapang hati.

Tidak Terlena dengan Kenikmatan Sesaat Dunia

Perempuan yang Istimewa menyadari bahwa dirinya tidak ingin terpuruk dengan permasalahan dunia yang dihadapinya. Ketika pemasalahan datang menghampirinya, ia akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk menghadapi permasalahan tersebut meskipun harus jatuh berulang kali dalam menjalaninya. Ia tidak mau hanya mengandalkan belas kasihan atau bantuan orang lain. Bagaikan sekuat batu karang yang tidak akan pernah hancur di terjang ombak lautan. Wanita Istimewa ini akan selalu mengutamakan Tuhan ketika mendapatakan suatu permasalahan atau cobaan sehingga ia mampu selalu berlapang hati dan menerimanya. Ia juga tidak mau jikalau harus menjadikan dirinya sebagai orang lain agar dianggap hebat atau untuk membuat dirinya disukai banyak orang.

“Perempuan yang Istimewa menyadari bahwa dirinya tidak ingin terpuruk dengan permasalahan dunia yang dihadapinya. Ketika pemasalahan datang menghampirinya, ia akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk menghadapi permasalahan tersebut meskipun harus jatuh berulang kali.”

Dia memiliki semangat yang bermanfaat, artinya rasa semangat tersebut mampu ia kontrol dengan baik bukan hanya sekedar manfaat ambisius yang berlebihan. Dia selalu melihat dirinya atas kesalahan yang talah ia lakukan, sehingga ia mampu mengintrospeksi dirinya sendiri dengan baik. Melalui instropeksi ini, ia akan sanggup menemukan sebuah arti makna dari tujuan hidup yang telah ia miliki sehingga ia sanggup memastikan apakah tujuan yang ingin ia capai sudah memiliki arah yang tepat apa belum.

Tidak sedikit dari kita selalu hanya melihat kesalahan orang lain, bahkan memberikan kritikan atas kesalahan yang telah dibuat orang lain,seakan-akan kita tidak memiliki kesalahan sehingga seenaknya mengkritik orang lain, hal tersebut terjadi karena kita sendiri terlalu terlena dengan kesalahan diri sendiri. Introspeksi diri yang dilakukan oleh perempuan Istimewa adalah dengan diawali sikap rendah hati. Orang yang sombong tidak akan mau melakukan evaluasi terhadap dirinya atas kesalahan-kesalahan yang diperbuatnya karena menganggap dirinya memang benar. Dampaknya, tidak akan ada sebuah perbaikan sikap kualitas pribadi, sebab kesalahan yang dilakukannya selalu dialamatkan kepada orang oang atau bahkan kepada Tuhan. Menyadari betul bahwa kita pernah melakukan sebuah kesalahan atau luput dari kekeliruan merupakan hal yang sangat Isimewa yang seharusnya dilakukan oleh setiap manusia dibumi ini. 

Introspeksi diri ini diperlukan untuk mencegah agar tiak terlanjur lebih jauh lagi jika ternyata ada kekeliruan atas tujuan hidup yang ingin dicapai. Beberapa hal yang harus dievaluasi diantaranya adalah pendapat dan mindset, metode dan langkah-langkah serta ketrampilan/keahlian dan pengetahuan yang digunakan. Pengertian introspeksi diri bukan berarti bersikap menyalahkan diri sendiri secara berlebihan yang malah akan membuat keterpurukan, tetapi introspeksi disini adalah suatu bentuk kebesaran hati untuk melakukan perbaikan dan pengembangan diri sendiri atas kesalahan yang telah diperbuat. Sesorang yang tidak bisa melakukan introspeksi diri cenderung bersikap kekanak-kanakan, karena kedewasaan dan kematangan pribadi lahir dari keterbukaan untuk mengevaluasi dan mengembangkan diri sendiri.

Pada hakikatnya keterpurukan itu terjadi pada saat diri kita tidak memiliki sebuah motivasi yang dapat dijadikan sebagai solusi untuk mencari jalan keluar atas suatu permasalahan hidup yang telah kita alami. Motivasi itu sendiri dapat berupa motivasi dari luar maupun dari dalam diri. Motivasi dari luar biasanya dipengaruhi oleh faktor Lingkungan dan masyarakat serta kehidupan sosial. Sedangkan motivasi dari dalam diri dipengaruhi oleh sikap mental yang positif, dan keinginan yang kuat untuk melakukan perbaikan atas kesalahan.

“Introspeksi diperlukan untuk mencegah agar tidak terlanjur lebih jauh lagi jika ternyata ada kekeliruan. Beberapa hal yang harus dievaluasi diantaranya adalah pendapat dan mindset, metode dan langkah-langkah serta ketrampilan/keahlian dan pengetahuan yang digunakan.”

Perempuan yang Istimewa sudah menjadi hal tentu pernah mengalami keterpuruakan, jatuh, tersungkur dalam hidupnya dan merasa sulit untuk bangkit lagi. Dan merasa cobaan atau permasalahan yang datang tidak berhenti-henti menghampiri kehidupannya. Hingga air mata yang sudah banyak terkumpul dikelopak mata sudah tak sanggup lagi terbendung  untuk menahan kegundahan. Seolah-olah sakit atas cobaan atau permasalahan yang datang tidak bisa lagi digambarkan dengan kata-kata. Akan tetapi, mereka para perempuan Istimewa akan berusaha berfikir positif bahwa didalam setiap masalah pasti ada kebaikan. Masalah memang sangat mengganggu ketentraman dan ketenangan batin dan pikiran bahkan seluruh jiwa raga, akan tetapi masalah atau cobaan harus ada dalam kehidupan agar kita dapat mengetahui seberap besarkan kemampuan kita dan agar kita bisa terus berkembang sepanjang ini dengan belajar mengambil hikmah dari setiap permasalahan atau cobaan yang kita hadapi. 

Percaya dan yakinlah, apabila kita mampu berhasil menyelesaikan satu masalah, berarti itu sebagai tanda bahwa kita sudah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Begitu pula dengan Perempuan Istimewa, mereka tidak akan terpuruk berkelanjutan meskipun dihadapkan pada berbagai permasalahan kehidupan. Tantangan kehidupan adalah kesempatan untuk berintrospeksi diri. Benturan masalah dalam kehidupan akan menjadikan mereka jauh lebih mulia dan tangguh.

Keberhasilan atau kesuksesan yang telah mereka dapatkan bukan semata-mata dipengaruhi oleh faktor pendidikan atau modal terlebih lagi faktor kebelun. Mereka mampu sukses dan berhasil karena memiliki kekuatan dan kecerdasan dalam menghadapi tantangan kehidupan. Kenikmatan Duniawi tidak mampu menyilaukannya. Dia bangkit dengan segenap pertimbangan spiritual yang tinggi dan meminta petuntuk dari Allah SWT. Agar dirinya tidak tersesat lagi.

“Yakinlah, apabila kita berhasil menyelesaiakan satu masalah, berarti kita sudah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Bagitu pula dengan wanita Istimewa, mereka tidak akan terpuruk meskipun dihadapkan pada berbagai persoaan kehidupan.”

Selalu Menyerahkan Setiap Permasalahan Kepada Sang Pencipta

Hidup ini bagaikan lautan masalah dan perjalanan yang penuh risiko dan cobaan. Kita harus memiliki keberanian untuk menghadapinya bila kita ingin tetap menikmati hidup dengan damai tentram dan tanpa ada masalah. Hidup akan lebih terasa hidup jika terdapat cobaan dan risiko yang harus dihadapi. Mungkin kita sebagai hamba Allah SWT pernah mengeluh, dengan hati bergumam “mengapa sih masalah dan cobaang selalu datang silih berganti tanpa berhenti. Seakan-akan hanya diri kita yang merasakan dan mendapatkan cobaan. Padahal, diluar sana ada banyak orang yang mengalami dan menghadapi cobaan ataupun masalah yang sama, tetapi mereka tetap bisa bersyukur.

Berapa banyak manusia yang harus mengakhiri hidunya karena tidak sanggup menghadapi cobaan yang meghampirinya setiap saat. Berapa banyak pula diantara mereka yang mengalami gangguan jiwa atau stress berkepanjangan saat tak sanggup menghadapi beban maslah yang datang terus menerus. Berapa banyak di antara mereka yang menjadi pecundang ketika harus bertarung melawan cobaan hidup yang begitu berat.

Saat kita terlahir kedunia, kita berarti sudah siap untuk menghadapi berbagai macam cobaan yang telah menanti. Sekarang, ketika usia kita sudah mulai menganjak dewasa, kita harus mampu memilih sendiri apa tujuan hidup kita, mau menjadi pecundang atau sebagai pemenang. Jadilah perempuan pilihan yang tidak seperti kebanyakan perempuan. Jangan pernah perlihatkan air matamu saat kamu sedang bersedih, tapi selalu perlihatkanlah senyuman manismu. Ketika banyak orang yang mengagumimu karena kecantikanmu, hartamu serta penampilanmu maka jangan berbanggalah. Tapi berbanggalah ketika ia menilaimu dari ketaanmu kepada sang Pencipta. Tidak perlu berbangga jika kamu pandai berbicara, tapi tidak ada manfaatnya untuk orang lain, jangan bangga dengan kecantikan wajahmu dengan olesan makeup mahal yang kamu beli, tapi seberapa seringkah dirimu membasuhi wajah anggunmu dengan air wudhu???. Jadilah sosok perempuan yang mampu menjaga perbuatan, kehormatan dan lisan supaya kelak membawa kedamaian di dunia dan diakhirat.

Begitulah 2 Sikap Perempuan yang akan Menjadikannya Sebagai Perempuan Istimewa dimata Allah SWT, bukan karena kadar dia dipandangan masyarakat selalu Istimewa tapi kadar di mata Allah SWT. Perempuan seperti itulah yang akan memasuki surga Allah nanti kelak. Dan pesan buat sahabat perempuan mococerpen, jagalah diri kalian dengan melakukan perbuatan dan berkata yang baik. Karena sesungguhnya Allah akan menjaga wanita-wanita shaleha yang mampu menjaga perbuatan,kehormatan serta Lisannya.

Semogo artikel ini dapat dijadikan sahabat sebagai ilmu yang dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi dan tidak akan melakukan perbuatan / kesalahan yang sama lagi. Semoga bermanfaat dan menghibur.

Daftar pustaka : “kisah-kisah wanita super inspiratif” oleh Nur Kholish Rif’ani,Yogyakarta: Semesta Hikmah,2014.


--------------------*****--------------------







Jangan lupa sukai fanspage Facebook Moco Cerpen dan follow twitter @MC_MocoCerpen ya Sahabat.


Bagikan Artikel :