Cerpen Misteri : Pesugihan Keris Pusaka Menjerumuskanku

4 comments

Pesugihan Keris Pusaka Menjerumuskanku

 
Cerpen Misteri : Pesugihan Keris Pusaka Menjerumuskanku
Pesugihan Keris Pusaka Menjerumuskanku

Halo sahabat mococerpen dari sabang sampai merauke,,hahahaa mimpi, percaya diri banget, kaya’ udah terkenal ajah nih blognya, tapi gak papa lah, semoga saja dengan bermimpi seperti itu bisa menjadi kenyataan,Amiinnn. Doakan saja ya sahabat mococerpen sekalian. Oke kali ini mococerpen akan membagikan artikel berjudul Cerpen Misteri : Pesugihan keris pusaka Menjerumuskanku. Banyak kox hikmah dari artikel ini, maka dari itu sahabat mococerpen wajib membaca :-D. Selamat membaca dan semoga menghibur.

*****

Sebut saja rosalina seorang ibu muda dari desa pesugihan, 1 tahun yang lalu kehidupannya baik-baik saja, ketentraman, kenyamanan serta kebahagiaan selalu ia rasakan bersama suami dan 2 orang anaknya. Namun kebahagiaan seperti itu tidak bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama lagi. Pada hari jum’at kliwon tepatnya, saat matahari mulai menghilang dari pandangan dan digantikan oleh sang rembulan. Muncul sebuah berita yang membuat ibu muda ini merasakan kegelisahan.

Rosalina mendapatkan kabar buruk dari keluarga besarnya, bahwa ayahnya sedang dirumah sakit dalam kondisi sekarat seperti orang yang akan dicabut nyawanya. Setelah mendapat kabar tersebut, keesokan harinya rosalina bersama suami dan anaknya mengunjungi rumah sakit dimana ayahnya dirawat. Rumah sakit tempat ayahnya dirawat berjarak cukup jauh. Dengan kondisi jalan yang rusak sehingga rosalina membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu kurang lebih 4 jam, biasanya ia hanya membutuhkan waktu 2,5 jam saja. Selama perjalanan Rosalina tidak bisa tenang, kegelisahan dan kecemasan membuatnya jatuh pingsan. Setelah kurang lebih 4 jam, akhirnya Rosalina sampai dirumah sakit. Dengan terburu-buru, keluar mobil dan langsung berlari untuk melihat kondisi ayahnya. Kondisi ayahnya sangat parah karena saat itu seperti orang yang sedang dalam sakaratul maut, mau matipun susah sekali, entah apa yang terjadi pada ayah Rosalina seperti ada yang mengganjal kematiannya.

Melihat kondisi sang ayah yang seperti itu, Rosalina pun hanya bisa terdiam dan terus membaca doa-doa, dalam hatinya ia bertanya-tanya, apakah yang dialami oleh ayahku ini, sehingga ia harus menderita seperti ini, jika memang sudah saatnya ia pergi, mudahkanlah sakaratul mautnya. Kemudian ada salah satu paman Rosalina yang saat itu juga berada ditempat, bercerita kepada Rosalina apa yang menyebabkan ayahnya susah sekali menghadapi sakaratul maut. Pamannya bernama Purnomo, ia merupakan paman dari keluarga ayahnya. Kemudian ia menceritakan semuanya kepada Rosalina. Pamannya bercerita bahwa sekitar 35 tahun silam saat masih muda ayah Rosalina adalah seorang laki-laki yang memiliki riwayat kurang baik, jadi saat muda ayahnya pernah mencari ilmu kesaktian atau yang sering dikenal dengan ilmu kanuragan, ia sering melakukan puasa putih. Sudah banyak sekali tempat-tempat keramat yang ia datangi untuk mencari kesaktiannya, pada akhirnya ia bertemu dengan sosok orang yang mengerti mengenai kanuragaan yang kemudain dijadikannya guru. Setelah berguru dalam waktu yang cukup lama, gurunya itu memberikan kepada ayah Rosalina sebuah pusaka berwujud keris. Pusaka tersebut diberinya nama keris empu kondang. Pusaka tersebut merupakan jelmaan sosok makhuk halus dengan pawakan tinggi besar. Banyak yang beranggapan bahwa pusaka yang dimiliki ayah rosalina ini merupakan pusaka memiliki kegunaan untuk terhindar dari kemiskinan oleh sebab itu itu dikenal dengan pesugihan.

Karena perbuatan masa lalunya tersebut, yang mungkin menyebabkan ayahnya sekarat dan susah meninggal lantaran belum mewariskan pusaka tersebut. Karena salah satu syarat agar ketika akan meninggal, pusaka yang dimiliki ayahnya harus diwariskan supaya tidak sulit ketika meninggal, itu lah syarat yang telah diberikan guru ayahnya itu.

Banyak dari saudara maupun sanak family yang ditawari pusaka tersebut untuk menjadi pewarisnya, namun tidak ada yang cocok sampai akhirnya Rosalina ditawari pusaka tersebut oleh pamannya supaya ayahnya meninggalnya lebih mudah. Awal mulanya Rosalina tidak mau menerima pusaka warisan tersebut karena rasa takunya itu. Tapi pada akhirnya Rosalina bersedia untuk melanjutkan mewarisi pusaka tersebut. Hal tersebut dilakukan karena Rosalina tidak tega melihat kondisi ayahnya yang tersiksa dalam sakaratul maut. Setelah Rosalina bersedia menerima pusaka tersebut dia disuruh pulang kerumahnya untuk menyimpan pusaka yang telah diterimanya. Dugaan pamannya selama ini ternyata benar, sehari setelah memberikan pusaka untuk diwariskan, akhirnya ayahnya meninggal dunia.

Setelah memiliki pusaka tersebut, dengan waktu yang cukup singkat sekitar 1 bulan, tanpa diduga usaha yang dimiliki Rosalina berkembang sangat pesat. Namun ditengah kesuksesannya, musibah besar terjadi pada keluarga Rosalina, suaminya mengalami sebuah insiden kecelakan pada saat pulang mengelola bisnisnya yang berkembang dan mengalami kelumpuhan. Mendapatkan musibah sebesar itu, Rosalina hanya pasrah menerimanya. Setalah sekitar 1 tahun, perubahan demi perubahan mulai dirasakan Rosalina, perubahan yang sangat aneh yang ia rasakan adalah didalam dirinya ia merasakan getaran hasrat seksual yang meninggkat, sampai akhirnya hal tersebut menggugurkan keimanan dalam hatinya, ia terjerumus dalam lubang kesesatan.

Setelah ia berada dalam lubang kesesatan dalam waktu yang cukup lama. Ia kemudian sedikit tersadar apa yang telah terjadi pada dirinya. Dalam hati kecilnya ia ingin kembali seperti dulu, ia ingin mengakhiri kesesatan yang telah ia alami. Ia ingin menjalani hidupnya seperti dulu lagi.

Dengan tekad bulat akhirnya ia pergi keseorang ahli agama. Ia menceritakan semuanya kepada ustad apa yang telah terjadi pada dirinya. Dan ia memiliki keinginan untuk bertaubat. Setelah berkonsultasi, kemudian ia meninggalkan dan membuang pusaka yang dimilikinya dengan bantuan ustad. Namun setiap minggu Rosalina harus rutin datang kerumah pak ustadz untuk pembersihan secara total dengan dirukiyah.

Seperti itulah cerita yang dapat mococerpen sampaikan kepada para sahabat. Adakan pesan moral yang tertuang dalam artikel diatas, tidak perlulah mococerpen tulisakan atau sampaikan secara rinci pesan moral apa saja yang terdapat dalam artikel diatas, karena pasti sahabat sekalian sudah pinter-pinter kox mengambil pesan moral atau hikmahnya. Terima kasih ya sahabat sudah mau membaca artikel yang berjudul Cerpen Misteri : Pesugihan Keris Pusaka Menjerumuskanku.

--------------------*****--------------------
 

Jangan lupa sukai fanspage Facebook Moco Cerpen dan follow twitter @MC_MocoCerpen ya Sahabat.


Sahabat juga bisa membaca Cerita Misteri yang lain :
Bagikan Artikel :

4 komentar